Selama satu tahun mimuman isotonik pocari sweat GRATIS�!!!



Anda sudah tahu bahwa minuman pocari sweat gratis..?

Jika belum, maka melalui blog sederhana ini saya ingin berbagi info tersebut kepada teman teman pembaca semuanya.

Selama satu tahun, minuman kesehatan yang diberi label Pocari Sweat dengan kandungan isotonic sebagai pengganti ion tubuh ini, di jual dengan harga 0, alias gratis. It�s free, really really free.

Tidak hanya gratis, bahkan para sales pocari sweat juga bergerilya, membagi bagikan minuman ini kepada masyarakat luas. Karena minuman ini adalah minuman kesehatan pengganti ion tubuh yang hilang sebagai akibat dari aktivitas olahraga, gerakan fisik, dan aktivitas sehari hari lainnya yang banyak menguras tenaga, maka yang menjadi tempat minuman ini banyak dibagikan para sales tentu saja adalah tempat tempat publik  untuk beraktivitas fisik, semacam lapangan kota, pasar, stadion, dan sasana olahraga lainnya.

Namun tunggu, sebelum sahabat pembaca datang ke warung warung atau kios yang berjualan minuman isotonik ini, lalu mengambilnya secara gratis, saya akan membagikan sebuah cerita terlebih dahulu.

Syahdan�

Tahun 1973, bertempat di pabrik Otsuka Pharmaceutical, di Tokushima, Jepang. 

Akihiko Otsuka, berusia sekitar 35 tahun, ia menjabat sebagai kepala produksi pabrik yang memproduksi produk kesehatan tersebut. Akihiko adalah cucu dari Otsuka, sang pendiri perusahaan. Akihiko adalah seorang pemimpin muda yang sangat berbakat, mendiang kakek dan ayahnya juga adalah inovator hebat, mereka berhasil mengembangkan bermacam produk yang berhubungan dengan dunia farmasi, di antaranya, cairan infus, obat gosok, dan beberapa minuman obat.

Akihiko sebagai salah satu orang penting perusahaan, dan calon pewaris kepemimpinan bisnis Otsuka, bercita cita untuk bisa meciptakan sebuah produk yang juga laris, berkualitas, dan menguasai pasar Jepang, seperti produk yang diciptakan para pendahulunya.

Tahun 1978, Akhiko diangkat menjadi President Direktur Otsuka, ia masih sangat muda, usianya baru 38 tahun, namun ia memiliki pemikiran cemerlang dan karakter pemimpin hebat melekat dalam dirinya. 


Karena sudah menjadi orang nomor satu di perusahaan besar itu, otomatis Akihiko memiliki otoritas untuk melakukan banyak pengembangan dan inovasi. Mengingat cita citanya untuk menciptakan sebuah produk yang hebat, Otsuka memanggil kepala riset perusahaaannya, seorang lelaki paruh baya bernama Rokuro Harima. Harima adalah seorang yang telah lama bergabung dalam bisnis keluarga Otsuka, karena kemampuannya dalam meracik berbagai rasa produk, di perusahaan ia di juluki si ahli rasa.

Kepada Harima, Akihiko menjelaskan visinya, tujuan yang ingin di capainya, dan beberapa konsep yang ingin di kembangkan tentang sebuah produk cair berupa minuman yang tidak hanya enak untuk diminum, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Proyek riset produk ini ia serahkan secara penuh kepada Harima, karena sebelumnya juga Harima pernah menyampaikan ide untuk mengembangkan cairan infus untuk di jadikan minuman, ide aneh ini ia peroleh ketika berkunjung ke Meksiko, saat itu ia mengalami diare hebat karena air yang tidak sehat, dan dokter disana memberinya cairan soda untuk diminum bersama obat, di lain  kesempatan Harima juga pernah melihat seorang Dokter meminum cairan infus setelah berada dalam ruang operasi berjam jam.

Dalam melaksanakan tugasnya ini, Harima mengajak seorang peneliti muda bernama Akihisa Takaichi, Takaichi adalah seorang yang cerdas dan jenius. Dan Harima menyerahkan tugas pengembangan produk ini kepada Takaichi, tentunya masih di bawah pengawasannya sendiri.

Setelah melakukan banyak uji coba, dan dalam waktu yang cukup lama, akhirnya terciptakan sebuah komposisi produk yang dimaksud, sebuah formula minuman kesehatan yang fungsi utamanya sebagai pengganti ion tubuh yang hilang bersama keringat. Tidak mudah menemukan komposi yang tepat ini, Takaichi dan Harima mesti melakukan banyak uji coba sebelum akhirnya berhasil.

Tahun 1979, rapat direksi perusahaan Otsuka Farmasi diadakan, Akihiko meminta kepada para pemimpin direksi untuk mencoba produk yang  baru saja di kembangkan, dan responnya sungguh mengecewakan, hampir semua pimpinan direksi senior mengatakan mimunan tersebut tidak enak, dan tidak akan laku di pasaran.

Akihiko yang lebih yakin dengan kepekaan perasaannya akan betapa berpotensinya produk tersebut di pasar, memutuskan dengan yakin bahwa perusahaan akan tetap memproduksi minuman tersebut, dan menjualnya kepada masyarakat.

Dan sejak itu, proses produksi pun dimulai.

Tahun 1980, produk itu pun launching ke publik dengan kemasan kaleng berwarna putih biru, minuman itu di beri nama Pocari Sweat.

Staff marketing mulai memasarkan produk tersebut ke agen agen penjualan, ke toko toko, ke supermarket, ke kios kios, namun hampir 100% konsumen menolak dengan beralasan rasa yang tidak enak untuk diminum. Marketing Otsuka juga membuka banyak stand disetiap tempat keramaian, untuk menjaring banyak konsumen, namun respon pasar sangat buruk, tidak ada yang mau membeli produk tersebut, persis seperti apa yang di duga oleh para direksi senior.

Kepala marketing pun menghadap kepada president direktur Otsuka, dan melaporkan bagaimana buruknya reaksi pasar terhadap produk baru mereka.

� Mohon maaf pak, sepertinya memang ada yang salah dengan produk kita ini, respon pasar sangat buruk, jangankan untuk membeli, mereka malah mencaci maki produk ini setelah meminumnya��
Akihiko yang mendengar laporan staff marketingnya terdiam, ia memejamkan matanya untuk beberapa lama, sebelum akhirnya ia membuka suara.

�� Pocari sweat adalah minuman yang harus diminum berulang ulang agar bisa diketahui keunggulannya, saat ini konsumen menolak karena mereka belum tahu, jadi bagikan minuman ini secara GRATIS��

�.. Gratis pak..? � Kepala marketing Otsuka membelalak.

�� Iya gratis, lakukan ini dengan jumlah yang tidak terbatas, bagikan pocari sweat secara gratis dan dalam jumlah yang tidak terbatas, selama satu tahun ke depan��

� Satu tahun pak, Kalau begitu perusahaan kita akan rugi banyak��

Akihiko tersenyum menatap staffnya..

�� tidak apa apa, kita ingin menciptakan sebuah pasar baru untuk sebuah produk yang belum ada sebelumnya, jadi kita memang harus melakukan langkah  yang berani, jika saat ini pasar menolak produk kita, itu hal yang wajar, seiring waktu nantinya penjualan akan membaik jika pasar sudah mengenal produk kita ��

Dan kemudian, pocari sweat pun di bagikan dengan gratis ke seluruh jepang, sasaran pembagian ini hampir ke semua lapisan masyarakat, terutama yang berhubungan dengan aktivitas sehari hari. Di lapangan bola, baseball, rumah sauna, pasar, dan tempat tempat lainnya. Dan karena diminum saat beraktivitas, respon pasar pun berubah, yang dulunya mengatakan tidak enak, sekarang mulai menyukai Pocari Sweat.

Hampir selama satu tahun minuman tersebut dibagikan secara gratis, dan karena itu juga, akuntan perusahaan Otsuka melaporkan kerugian mencapai 400 miliar rupiah, Namun sang direktur, Akihiko terus saja menginstruksikan untuk melanjutkan kegiatan tersebut.

PT. Otsuka Indonesia


Hingga tahun 1981 kemudian�

Musim panas mulai melanda Jepang, hujan sudah sangat jarang turun, dan cuaca benar benar gerah sepanjang hari, hingga jangankan beraktivitas fisik di luar rumah, duduk dikantor saja akan berkeringat saking panasnya.

Dan inilah ternyata momen Pocari Sweat di sambut publik, rasanya yang sudah sangat dikenal, manfaatnya juga sudah terasa membuat minuman isotonik ini diburu di mana mana, penjualan meningkat drastis, bahkan hingga akhir musim panas tahun 1981, penjualan Pocari Sweat mencatatkan omzet hingga 2,1 triliun, tiga kali lipat dari penjualan musim panas pertama.

Hingga saat ini Pocari Sweat sudah dijual hampir di 20 negara, dan respon pasar pun sudah sangat baik. Akhirnya mimpi Akihiko Otsuka untuk membuat produk yang luar biasa, dan keberaniannya dalam mengambil keputusan besar dan � gila� membuahkan hasil. Hasil yang bahkan sangat besar, melebihi mimpi mimpinya�

***


Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Pocari Sweat ini, utamanya jiwa seorang pemimpin yang di miliki Akihiko, ia mengarahkan konsepnya mimpinya dengan jelas kepada Harima, lalu melawan rasa khawatir para direksi senior, menghilangkan ketakutan para staffnya, dan yang paling gila, tentu saja keputusannya untuk membagikan Pocari Sweat selama satu tahun secara gratis, dalam jumlah yang tidak terbatas.

Tidak banyak pemimpin bisa melakukan hal tersebut.

Nah sekarang kawan kawan, silahkan ke kios kios atau toko toko yang menjual banyak minuman, dan hampir di semua toko kita akan menemukan pocari sweat terpajang, namun saat ini kawan kawan harus membayar jika ingin meminumnya, karena periode gratisnya itu dulu, saat promosi, bukan sekarang.



Salam.
Please share if you like this article 

 

0 Response to "Selama satu tahun mimuman isotonik pocari sweat GRATIS�!!!"

Posting Komentar